Review : Chroma Squad (Game)

       Anak-anak yang besar di tahun 90-an pasti tak asing dengan yang namanya power ranger, pahlawan kategori duo-grup terbaik ini cukup membekas di hati mereka. berbekal suasana nostalgia tersebut sebuah pengembang game indie asal brazil behold studio memberanikan diri mengusung proyek game mereka di sebuah situs penggalangan dana kickstarter dengan nama Chroma Squad yang tak lain tak bukan adalah game parodi dari serial power ranger.

  

bergenre turn base strategy RPG atau tactical rpg chroma squad dirilis. bagi anda yang terbiasa memainkan final fantasy tactic maupun tactics ogre ataupun game-game lainya yang di namanya ada tactics-nya pasti tidak ada kesulitan dalam memainkan game ini. tak heran proyek penggalangan dana mereka pun sukses.

THE GAME

tidak puas dari manajemen studio lamamu membuatmu hengkang dan memutuskan untuk membuat studio sendiri, itulah inti dari game ini. kamu akan membuat studio baru dan memulai proses produksi serial power ranger sendiri, mengatur bayaran aktor, merancang promosi, mengelola fans dan merakit kostum serta properti.

jadi game chroma squad adalah gabungan genre manajemen dengan elemen tactical rpg di dalam sistem battle-nya. sistem battle pun berbeda dengan tactical rpg kebanyakan dimana dalam chroma squad terdapat arahan sutradara, dan gerakan akrobatik yang berbanding lurus dengan tingkat kepuasan fans.

apabila kamu berhasil mengikuti semua arahan sutradara dan menghabisi musuh dengan senjata maupun kerjasama tim, maka tingkat kepuasan fansmu meningkat. jumlah fans menjadi tolok ukur kesuksesan per episode, sekaligus menjadi tolok ukur keberlangsungan studiomu, apabila ditinggal fans, maka studiomu akan bangkrut dan game over.

musuh-musuh disini memiliki skill sendiri-sendiri yang cukup menjadikannya memiliki tingkat kesulitan tersendiri dalam usahamu mengikuti arahan sang sutradara.
  
saran saya, kerjasama tim menjadi hal utama dan sering-seringlah salto.


pada awal permainan kamu bisa memberi nama studio kamu dan nama tim "power ranger" kamu, kemudian mulailah kamu merakit kostum, dan melawan monster demi monster episode per episode, dan seperti power ranger betulan, maka di akhir acara monstermu akan menjadi besar, dan untuk melawanya kamu harus menaiki apa..? yak betul, megazord..

berbeda dengan ketika battle dengan musuh biasa, ketika battle menggunakan megazord tidak memakai tactical rpg tetapi mengandalkan pilihan dan timing dari seranganmu, semakin pas timing kamu mencet semakin besar peluang kamu menang.

sekilas info, robot besar dinamai mecha secara default tapi anda juga tetap bisa mengganti namanya, saya memakai nama megazord karena lebih mengena di otak saya sebagai nama robot besar tunggangan power ranger jika dibanding nama mecha.


anjirr.. lawan monster ipod

tidak ada levelling di game ini. kamu tidak bisa naik level. level up para character ditentukan dengan equipment apa yang mereka pakai dan tentunya equipment tersebut harus dibeli dari income per episode, di pc sejauh ini tidak bermasalah, kurang tau jika dirilis di android mengingat game-game di platform tersebut dikenal rakus IAP.

ada juga beberapa item yang jatuh ketika battle dengan musuh seperti lakban, kardus, kapas yang bisa anda dapatkan untuk di buat properti sehingga bisa menghemat uang anda di game. meskipun terlihat mengajarkan seperti pemulung tetapi sejauh ini saya tidak kepikiran menghemat uang dengan cara menghajar orang-orang untuk merampas kardus bekas atau lakban mereka, betapa kayanya tukang fotokopi jika kardus dan lakban bisa digunakan sebagai pengganti uang.

seiring perjalanan, studiomu tentu akan menerima surat dari penggemar, tidak cuma penggemar bahkan haters maupun orang iseng juga ikut mengirim surat yang harus kamu tanggapi semua. hasil balasan suratmu kepada mereka berpengaruh di progres game, saya pernah kehilangan fans saya karena salah memilih balasan surat.
rajin-rajinlah belajar bahasa inggris

musik pembuka cukup memberikan kesan di awal permainan seperti kita akan menonton super sentai, meskipun untuk orang indonesia lebih terdengar mirip lagu pembuka satria baja hitam.
untuk yang belum tau bahwa serial power ranger mengadaptasi serial super sentai yang aslinya dari jepang. untuk ..

grafis pixel dari game tidaklah buruk, animasi gerak sang power ranger maupun fightingnya digambarkan halus, mirip fighting beat em up pas jaman nes. ditambah dengan dialog antar character cukup membuat kamu tersenyum simpul dan membuat tertawa terbahak-bahak kalokamu emang paham.

namun tidak adanya camera view seperti tactical rpg kebanyakan yang membuat battle scene menjadi lebih menyebalkan dari game kebanyakan, saya sering salah pencet, kurang tau apakah kotaknya yang kekecilan atau jari-jari saya yang membesar.. sepertinya saya harus mengurangi makan gorengan.
kurang nyambung sebenarnya karena saya main dengan meng-klik menggunakan mouse, tapi serius, sepertinya saya tetap harus mengurangi makan gorengan.

akhir kata...
memainkan chroma squad tak ubahnya seperti memakan keripik kentang rasa mie goreng, menikmati 2 hal sekaligus, keripik kentang diibaratkan tactical rpg sedangkan mie goreng diibaratkan rasa power rangersnya.
tetapi tidak seperti keripik kentang rasa mie goreng yang malah jadi seperti kebanyakan micin, chroma squad hadir dengan lebih baik, bahkan memuaskan untuk beberapa kalangan fanatik penggemar pahlawan warna-warni ini.

8.0 / 10


(+) nostalgia fans power ranger
(+) grafik 8 bit

(-) level kurang banyak
(-) tidak ada mekanisme griding
(-) tidak ada camera view

Posting Komentar

SI TORO DAN SEJUTA HAL AMAZING DI SEKITARNYA

Posting Lainnya

It's free
item